Jenis-Jenis Data Dalam Statistika

Data Statistik

Jenis-jenis data dalam statistika sangatlah penting, apalagi saat melakukan peneltian atau analisa. Pemahaman Anda dalam mengenali jenis data merupakan pokok dalam penentuan metode statistik apa dalam mengolah atau menganalisa data. Ada beberapa jenis data dalam statistika yang berdasarkan kategori:

1. Kategori Sifat

Data yang berdasarkan sifat dapat dibedakan lagi menjadi 2 jenis data, yaitu:

a. Data Kualitatif

Data yang dinyatakan yang berupa kata-kata yang mendekati atau memberikan suatu ciri-ciri atau atau dapat mendeskripsikan sesuatu, sehingga data kualitatif disebut data non-numerik. Data kualitatif didapatkan dengan cara menggunakan kuesioner, wawancara atau observasi. Contoh, penilaian pelayanan yang diberikan oleh suatu instansi pemerintahan. Masyarakat akan menilai pelayanan tersebut apakah sangat baik, baik, cukup baik, kurang baik, atau sangat kurang baik. Nilai dari pelayanan inilah yang disebut data kualitatif.

b. Data Kuantitatif

Data kauntitatif adalah data yang sering Anda temukan, data kuantitaf adalah data yang dinyatakan dalam bentuk angka atau numerik. Data ini diperoleh dari pertanyaan yang menanyakan jumlah. Contoh, data jumlah pengangguran dalam 5 tahun di Indonesia. Data kuantitatif sendiri terdapat 2 kelompok:

1. Data Kuantitatif Diskret

Data kuantitatif diskret adalah data numerik dalam bentuk bilangan bulat positif yang diperoleh dari hasil pencacahan bilangan. Contoh, banyaknya penduduk yang memiliki mobil di desa Sekar Maju. Nah, misalkan dalam desa tersebut terdapat 200.000 penduduk dan yang memiliki mobil berjumlah 1000 penduduk.

2. Data Kuantitatif Kontinu

Data kuantitatif kontinu adalah data numerik yang berasal dari pengkuruan dan biasanya berbentuk bilangan real. Contoh, nilai rata-rata harapan hidup bayi yang mengalami gizi buruk adalah 80,56.

2. Kategori Cara Memperoleh

Data yang berdasarkan cara memperolehnya, terdapat 2 jenis data:

a. Data Primer

Primer atau dalam KBBI diartikan sebagai yang pertama, jadi data data primer adalah data yang diperoleh langsung dari sumbernya. Data primer dapat diperoleh dengan melakukan, wawancara, observasi, kuesioner atau diskusi.

b. Data Sekunder

Data sekunder adalah data yang cara memperolehnya secara tidak langsung atau melewati pihak lain atau perantara. Untuk memperoleh data ini bisa lewat buku, laporan, jurnal, badan yang berkaitan dengan statistik seperti BPS, atau sumber data lainnya.

3. Kategori Sumber Data

Data yang berdasarkan sumber data, terdapat 2 jenis data:

a. Data Internal

Data internal adalah data yang sumber data dari dalam suatu organisasi atau instansi atau objek penilitian yang menggambarkan situasi atau kondisi secara internal. Contoh, data produksi susu pada suatu peternakan sapi perah.

b. Data Eksternal

Data ekternal adalah data yang sumber datanya dari pihak luar organisasi atau instansi atau objek penilitian. Contoh, data kepuasan pelayanan konsumen, data harga produk kompetitor dan sebagainya.

4. Kategori Waktu Pengumpulan Data

Data yang berdasarkan waktu pengumpulan, terdapat 2 jenis data:

a. Data Cross Section

Data Cross Section adalah data yang waktu pengumpulannya dilakakukan dalam satu waktu terhadap objek penelitian. Contoh, data jumlah kasus korupsi yang terbongkar selama tahun 2020.

b. Data Time Series

Dara Time Series adalah data yang waktu pengumpulannya dilakukan secara berkala atau runtun waktu atau dari waktu ke waktu dan lebih dari satu tahun. Contoh, populasi kambing pada kabupaten X tahun 2010-2020.

c. Data Panel

Data Panel adalah gabungan dari data cross section dan time series dan merupakan data dari penelitian lungitudinal yang mana pengamatan dilakukan untuk subjek yang sama tiap waktu. Contoh, Survei panel pada rumah tangga dan individu, data organisasi dan firma di poin waktu yang berbeda.

5. Kategori Skala

Data yang berdasarkan skala, data ini yang sering digunakan dan ditemui. Data berdasarkan skala terdapat 4 jenis data:

a. Data Nominal

Data Nominal adalah data yang diperoleh dengan klasifikasi atau membuat kategori/kelompok tanpa memperhatikan urutan. Biasanya pengelompokkan dilakukan dengan memberikan simbol berupa angka sebagai pembeda dan agar mudah dalam pengolahan statistik. Ciri lain dari data ini adalah tidak dapat dilakukan operasi secara matematis. Contoh, jenis kelamin, agama dan sebagainya.

b. Data Ordinal

Data Ordinal adalah data yang diperoleh dengan klasifikasi atau membuat kategori/kelompok dengan memperhatikan urutan dan terdapat tingkatan. Ciri lain dari data ini adalah tidak dapat dilakukan operasi secara matematis. Contoh, status sosial seseorang dalam masyarakat adalah kaya, sedang dan miskin.

c. Data Interval

Data Interval adalah data yang mempunyai angka atau skor atau diberi nilai dan dalam satu pengukuran. Data ini memiliki interval tertentu dan dapat dilakukan operasi matematis. Contoh, suatu ruangan dikatakan sangat panas bila berada di antara suhu 110°C sampai 140°C.

d. Data Rasio

Data Rasio adalah data yang memiliki sifat nilai sebenarnya, memiliki jarak yang sama dan memiliki nilai nol (0) absolut. Data ini bisa dilakukan operasi matematis. Contoh, jumlah penduduk dalam suatu kabupaten.

Hubungan Antara Data Berdasarkan Skala dengan Data Berdasarkan Sifat

Data berdasarkan skala dan data berdasarkan sifat memiliki hubungan yang cukup erat, hubungan tersebut dapat dilihat dalam tabel dibawah:

Skala Pengukuran Kualitatif Kuantitatif
Nominal
Ordinal
Interval
Rasio

Statistik dan Uji Statistik Pada Data Skala

Untuk setiap data skala terdapat statistik dan uji statistik yang berbeda, berikut statistik dan uji statistik yang digunakan:

Skala Statistik Uji Statistik
Nominal Frekuensi, koefisien kontingensi, modus Uji Statistik Non-parametrik
Ordinal Median, kuartil, desil, persentil, kendall R dan W, spearman Uji Statistik Non-parametrik
Interval Mean, standar deviasi, korelasi, product momen, korelasi pearson Uji Statistik Parametrik
Rasion Mean geometrik, koefisien variansi Uji Statistik Parametrik

Dari materi artikel ini, diharapkan Anda dapat memahami lebih mudah lagi dalam membedakan jenis-jenis data dalam statistika. Dengan memahaminya, analisa lebih mudah dan pengambilan keputusan lebih tepat.

Referensi Tulisan:

Definitions, Uses, Data Types, and Levels of Measurement

Data Panel

Data dan Skala Data

comments powered by Disqus